Gandeng Dinkes, IPPNU Kabupaten Cirebon Peduli Kespro Pelajar

Warta

NU Online Cirebon – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten Cirebon mendatangi kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Pelajar putri NU ini merintis kerja sama dengan dinas terkait dalam menyosialisasikan peraturan daerah terkait kesehatan reproduksi di sekolah-sekolah di Cirebon.

Peraturan daerah (perda) terkait kespro menyebutkan bahwa “Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan tertera dalam pasal 15 ayat 1 point (g) tentang kesehatan reproduksi dan point (i) tentang kesehatan sekolah tahun 2016.

IPPNU Cirebon bersama jaringan Kabupaten Cirebon untuk kemanusiaan seperti Fahmina, KOPRI, Woman Crisis Center Balqis telah mengupayakan masuknya kesehatan reproduksi (informasi tentang kesehatan reproduksi ke sekolah-sekolah yang ada di Cirebon).

Ketua IPPNU Kabupaten Cirebon Nurjannah mengatakan bahwa segmentasi IPPNU adalah pelajar-pelajar di tingkat sekolah atau pesantren (pimpinan komisariat), tingkat kecamatan (pimpinan anak cabang), maupun tingkat desa (pimpinan ranting). Di samping itu, IPPNU juga mengarahkan fokus pada dunia pelajar baik di bidang agama, pendidikan,  seni budaya, maupun bidang kesehatan.

“Dengan keterlibatan IPPNU dalam menyosialisasikan informasi penting mengenai kesehatan reproduksi ini, remaja dan pelajar-pelajar yang ada di Cirebon lebih memahami dan sadar akan pentingnya pengetahuan tentang reproduksi,” harap Jannah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Eni mengapresiasi kunjungan pihak IPPNU.

“Kami sangat senang adik-adik IPPNU mau membantu sosialisasi tentang kesehatan reproduksi ke sekolah-sekolah. Insyaallah kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon akan membantu pihak IPPNU dengan memfasilitasi keperluan dalam menyosialisasikan informasi penting ini,” pungkasnya. (Red Alhafiz K)

Sumber: nu.or.id