Ribuan Warga  Antusias Hadiri Harlah Ke-95 NU Cirebon

PC NU Warta

NU Cirebon Online,

Ribuan warga Cirebon dari pagi hingga malam menghadiri peringatan Hari Lahir (Harlah) ke 95  Nahdlatul Ulama (NU), Ahad (22/4) di Lapangan Sepak Bola Roket Desa Tegalgubug, Kabupaten Cirebon.

Menurut Ketua Panitia H Zamroni Irfan, warga mulai berdatangan sejak pagi dengan antusias dan menjadi ajang silaturahmi antar pengurus NU, para ulama, dan masyarakat.

“Harlah ke 95 NU di Kabupaten Cirebon ini diramaikan dengan aneka acara. Pada hari ini (Ahad-red) ada kegiatan donor darah, khitanan masal, konsultasi hukum gratis, bekam gratis, bazar murah, atraksi Pagarnusa dan Banser, karnaval marching band, musik religi Debu, launching koin NU, dan pengajian akbar,” kata H Zamroni.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Azis Hakim Syaerozi, kegiatan ini digelar untuk terus mengenang kelahiran dan kebesaran NU. Semangat yang digagas dalam Harlah NU ini yakni semangat bagaimana mendorong warga NU untuk mampu mengaplikasikan paham-paham ahlussunnah waljamaah Jamiyah An-Nahdliyah di tengah-tengah masyarakat. Harapannya, sebagai wahana silaturahim antar warga NU agar dapat bersinergi untuk memajukan Kabupaten Cirebon.

“Kita mencoba mendesiminasi paham-paham ahlussunah waljamaah terkait pentingnya menjalin persaudaraan keimanan maupun persaudaraan kemanusiaan. Ini perlu kita tekanakan karena NU sudah pada satu tekad yaitu NKRI sebagai bagian dari ideologi bangsa ini yang kita anggap final dan harga mati,” kata Kiai Aziz.

Sementara Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani menuturkan, tema yang diusung pada momen harlah kali ini adalah “Memperkokoh Ukhuwah Wathoniyah untuk Persaudaraan dan Kebangsaan”.

Pihaknya turut mengajak untuk mengingat kembali dan membaca sejarah NU. Pasalnya, awal berdirinya organisasi NU yang didirikan KH Hasyim Asy’ari tersebut menjunjung tinggi sikap tawazun dan tasamuh.

“Kita sadari bahwa kondisi saat ini kebhinekaan bangsa sedang diuji. Terlebih lagi, benih-benih munculnya perpecahan makin tampak. Sekali lagi, kita tetap teguh dalam menjaga keutuhan NKRI dan nilai-nilai lokal,” tandasnya.

Meski sempat diguyur hujan, namun tidak sedikit pun mengendurkan niat para Nahdliyin untuk menghadiri acara tersebut. Bahkan kegiatan puncak malam ini dihadiri para ulama dan habaib.

Sebelumnya dalam rangkaian Harlah NU ini seluruh lembaga PCNU dan Banom NU Cirebon melakukan berbagai kegiatan bermanfaat bagi masyarakat. Seperti dzikir akbar hadloriyin, MKNU, seminar kewirausahaan, launching koin NU, kelas menulis “anti hoax”, konsultasi dan pendaftaran sertifikasi tanah wakaf, pengobatan gratis, pengecatan tajug, kemah pelajar, dan beberapa kegiatan lainnya. (Ayub Al Ansori)