Sambut Tahun Baru Islam, Keluarga Besar NU Astanajapura Gelar Berbagai Lomba

MWC Warta

NU Online Cirebon,

Sejak pagi hari hingga tengah malam, ribuan warga Kecamatan Astanajapura berbondong-bondong memadati jalanan, dan berkumpul di lokasi acara peringatan tahun baru Islam / 1 Muharrom 1440 H yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Astanajapura yang terdiri dari MWCNU, Banom-banom NU Astanajapura seperti Fatayat, IPNU-IPPNU, Ansor, Banser dan Pagar Nusa bekerjasama dengan pemerintah Desa Mertapadakulon, Senin (10/09).

Acara berlangsung di tiga lokasi, yakni lokasi utama halaman balai desa Mertapadakulon, Gedung Aula KBIH PATWA dan GOR Mbah Muqoyyim Buntet Pesantren. Terdapat dua agenda pada acara ini, yaitu agenda perlombaan mewarnai untuk tingkat pelajar Taman kanak-kanak (TK) / sederajat se-Astanajapura, Musabaqoh Hifdzil Qur’an untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) / sederajat, Hadroh untuk tingkat umum, dan agenda Pawai Obor untuk masyarakat umum desa Mertapadakulon dan sekitarnya.

Ibu Hj Qoriah, Ketua pelaksana, merasa sangat senang melihat antusiasme warga dalam berpartisipasi meramaikan acara dengan sangat meriah. Menurutnya, dari tahun ke tahun acara ini berjalan semakin meriah.

Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung acara ini. Karena dari tahun ke tahun, acara peringatan tahun baru Islam ini semakin meriah. Contohnya dalam perlombaan, tahun kemarin lomba hadroh di ikuti oleh 20 peserta, sedangkan sekarang di ikuti oleh 26 peserta. Bahkan, lomba mewarnai yang tahun kemarin di ikuti oleh 150 peserta, sekarang bertambah  diikuti oleh 300 peserta anak-anak ditambah 300 ibu-ibu dari anak-anaknya” ungkapnya.

Tak hanya itu, perempuan yang sekarang menjabat sebagai ketua Fatayat NU Astanajapura ini berharap agar acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sesuai dengan tema acara yang tertulis yaitu melestarikan budaya masyarakat desa Mertapadakulon yang religi dan mempersatukan warga Astanajapura dalam kebangkitan ummat.  Ia juga berharap semoga kedepan acara keagaamaan seperti ini dapat terus dilaksanakan sampai ke tahun-tahun berikutnya.

“Sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan khidmat kepada NU, kami berharap semoga acara ini mendapat manfaat buat kita semua sesuai dengan temanya. Kami juga berharap kepada siapapun ketuanya nanti, semoga kegiatan-kegiatan keagamaan semacam ini dapat terus berjalan sampai tahun-tahun berikutnya” ujarnya.

Sementara, Bapak Elan, Kepala Desa Mertapadakulon merasa bangga dan berterima kasih yang sangat mendalam kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan acara ini.

“Mudah-mudahan dengan berjalanya acara ini kita semua mendapat keberkahan, serta syafaat baginda nabi Muhammad SAW, pungkasnya.

Tampak hadir pada acara tersebut KH. Abdul Hadi, Katib Syuriyah PCNU Kabupaten Cirebon; Camat Astanajapura; Rekanita Nurjannah, Ketua PC IPPNU Kab. Cirebon. (Abdul Mu’izz)