Ranting IPNU IPPNU Gebangudik Gelar Makesta Perdana

Banom Warta

NU Online Cirebon –

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (PR IPNU-IPPNU) Gebangudik Kec. Gebang Kab. Cirebon, sukses mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) perdana, dengan diikuti 50 peserta di Majelis Ta’lim Fathul Khair, Sabtu-Ahad (5-6/1).

Makesta adalah proses pendidikan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU dan IPPNU. Kegiatan tersebut bertemakan “Pengkaderan IPNU-IPPNU menjadikan pintu gerbang utama untuk menjaga tradisi dan persatuan NKRI”. PR. IPNU-IPPNU Gebangudik dengan di bimbing oleh PAC IPNU-IPPNU Gebang, berupaya mewujudkan tujuan tersebut dengan disuguhi berbagai materi seperti Aswaja, Kebangsaan dan Kepemimpinan, kemudian di tanamkan secara matang agar peserta memahami esensi materi tersebut.

Dalam kesempatan ini, KH. Imam Supardi selaku ketua Tanfidziyah MWCNU Gebang menurutnya, dengan adannya kegiatan ini, ia berharap agar IPNU-IPPNU menjadi wadah pencetak generasi NU yang berkualitas dan terpercaya, yang bukan hanya mengikuti tren masa kini.

“Kader NU khususnya IPNU-IPPNU harus menjadi penggerak dan pengawal para ulama dalam memperjuangkan syiar Islam,” tutur Kiai Imam.

Sementara itu, Rekanita Nurjannah, Ketua IPPNU Kab. Cirebon dalam sambutannya mengungkapkan, proses kaderisasi ini sebagai gerbang awal menjadi kader IPNU dan IPPNU yang sah.

“IPNU-IPPNU sebagai wadah meningkatkan kapasitas keilmuan, dan diharapkan para peserta Makesta dapat menjadi kader IPNU-IPPNU yang militan, terampil dan cerdas,” jelas Nurjannah.

Yusuf Al Maghribi, Ketua IPNU Kec. Gebang berharap dengan diadakannya Makesta ini, para peserta terus andil berproses di IPNU-IPPNU untuk melanjutkan estafet kepemimpinan yang kelak menjadi tunas muda Nahdlatul Ulama.

“Tentunya demi menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI,” tegas Rekan Yusuf Al Maghribi.

Hal senada disampaikan M. Abil Abbas, Ketua Ranting IPNU Gebang Udik, diadakannya Makesta perdana ini diharapkan menghasilkan kader yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, khususnya kepada PAC. IPNU-IPPNU Gebang yang sudah membimbing kami dari awal hingga akhir,” ungkap Abil Abbas.

Kegiatan yang dihadiri oleh Rois Syuriah Drs. KH. Muhdi Miftah, Ketua Tanfidziyah KH. Imam Supardi, Sekretaris MWC NU Gebang Ust. Cahyani, S.Ag, Sekretaris PERGUNU Kab. Cirebon Ust. Haeroni, S.Pd, Kepsek LP SMP NU Gebang Ust. Muhasan, M.Pd.I, Ketua PC. IPPNU Kab. Cirebon, Ketua PAC IPNU-IPPNU Gebang dan segenap tamu undangan, tampak menikmati kegiatan tersebut dengan hikmat.  (Ahmad Faiz RF)