Konfercab IPNU Terapkan Demokrasi Terbuka

Banom Warta

NU Cirebon Online –

Mengusung tema “Pelajar Bermutu, Cirebon Bersatu” Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (PC. IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC. IPPNU) Kabupaten Cirebon gelar Konferensi Cabang (Konfercab). Kegiatan dua tahunan tersebut dilaksanakan pada Sabtu 26 Januari 2019 di Gedung NU Center Cirebon. Perwakilan PJ. Bupati Cirebon, sekretaris Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Bapak Haidar, S. H. secara resmi membuka Konfercab XVIII PC. IPNU – Konfercab XII PC. IPPNU Kabupaten Cirebon. Turut hadir, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, KH. Wawan Arwani dan Pembina PC. IPNU-IPPNU Kabupaten Cirebon.

“Selama dua tahun masa kepengurusan, fokus program kerja PC. IPNU- IPPNU Kabupaten Cirebon adalah kaderisasi. Pada momentum (Konfercab) ini, menjadi evaluasi sekaligus menyusun program kerja dua tahun kedepan,” ucap Mukmin, Ketua PC. IPNU Kabupaten Cirebon pada Sabtu (26/01).
Selain itu Konfercab kali ini memiliki pola yang berbeda yakni menerapkan demokrasi terbuka.

“Calon ketua PC. IPNU melalui tahap pendaftaran, penyampaian visi-misi, dan debat kandidat. Hal ini merupakan pola baru untuk pemilihan Ketua Pimpinan Cabang, akan tetapi hal ini tidak berlawanan dengan PD/PRT (Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga) IPNU,” ujar Mukmin.

Senada dengan Mukmin, Yusuf selaku ketua pelaksana Panitia Konfercab XVIII PC. IPNU-Konfercab XII PC. IPPNU Kabupaten Cirebon juga mengungkapkan bahwa pola pemilihan Ketua Pimpinan Cabang ini dapat menumbuhkan spirit Demokrasi dalam organisasi.

Selain kegiatan Kegiatan Puncak yang dilaksanakan pada Sabtu (26/01) sebelumnya kegiatan Pra-Konfercab sudah digelar. Seminar Pengawasan Pemilih Pemula diadakan bekerjasama dengan Bawaslu di Pondok Pesantren Dar Tauhid pada 13 januari 2019 dan Seminar Kebangsaan dengan tema Peran Pelajar NU Menyongsong Bonus Demokrasi yang dilaksanakan pada tanggal 19 januari 2019 bertempat di Pondok Pesantren Gedongan. (Marleni)