LP Ma’arif NU Apresiasi Terbentuknya IPNU IPPNU di Madrasah Negeri

Banom Lembaga Warta

NU Cirebon Online,

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Madarasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kabupaten Cirebon resmi dibentuk, Sabtu (3/8).

Berdasarkan penuturan Sekretaris IPNU Kabupaten Cirebon, Ikfal Al Fazri, PK IPNU IPPNU MAN 4 menyempurnakan PK IPNU IPPNU di MAN lainnya di Kabupaten Cirebon yang terlebih dulu terbentuk.

“Alhamdulillah dengan begitu, komisariat IPNU IPPNU di MAN seluruh Kabupaten Cirebon sudah terbentuk semua,” papar Ikfal.

Hal itu mendapat apresiasi dari Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU Kabupaten Cirebon, seperti yang disampaikan Sekretarisnya, Wahyono, di tengah banyaknya pelajar cirebon yang sering tawuran, bolos, dan malas belajar, masuk IPNU IPPNU adalah solusi.

“Patut berbangga karena IPNU IPPNU senantiasa mengajarkan kebaikan, kedisiplinan, pergaulan yang baik di antara teman,” jelas Wahyono.

LP Ma’arif PCNU, kata Wahyono, akan senantiasa mendorong sekolah-sekolah yang berafiliasi dengan NU agar dibentuk IPNU IPPNU, pun halnya dengan sekolah atau madrasah negeri.

“Setelah IPNU IPPNU terbentuk di semua MAN di Kabupaten Cirebon, tinggal dibentuk di seluruh sekolah atau madrasah di bawah naungan LP Ma’arif yang banyak jumlahnya,” jelas mantan Ketua IPNU Kabupaten Cirebon 2012-2014 itu.

Terbentuknya IPNU IPPNU di MAN 4 tersebut atas dorongan M. Yazidul Ulum, salah satu guru di madrasah tersebut.

“Sebanyak 20 siswa dan siswi yang sudah Makesta bersedia menjadi pengurus PK IPNU IPPNU MAN 4 Kabupaten Cirebon,” ungkap mantan Ketua Umum PMII Cirebon 2014-2015.

Yazid yang sekaligus sebagai pembina PK IPNU IPPNU MAN 4 Kabupaten Cirebon memberikan bekal motivasi pentingnya khidmat di NU.

”Kalian harus bisa menjaga nama baik NU dan NKRI di sekolah. Sebagian Pelajar di MAN 4 Cirebon sudah dibekali amalam aqidah NU sejak kecil, maka sudah saatnya berdakwah tentang NU untuk menghindari faham yang kontra dengan NU,” jelasnya.

Pantauan NU Cirebon Online, hasil musyarawah memutuskan Shohibul Jamali menjadi ketua PK IPNU dan Khaerunnisa sebagai ketua PK IPPNU MAN 4 Kabupaten Cirebon.