Tekan Konflik, LPBH PCNU Kabupaten Cirebon Siap Kawal Proses Pilwu Serentak

Lembaga Warta

NU Cirebon Online,

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon resmikan kantor Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) PCNU Kabupaten Cirebon, peresmian yang ditandai dengan pemotongan pita bunga melati langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH Aziz Hakim Syaerozi dan pemotongan tumpeng oleh Rois Syuriyah KH Wawan Arwani Amin di Komplek Taman Sumber Indah B-14, Desa Cempaka, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Kamis (26/9).

Dalam sambutannya Kang Aziz, sapaan akrab Ketua PCNU Kabupaten Cirebon tersebut, mengatakan kondusivitas Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak tahun 2019 di Kabupaten Cirebon harus dijaga. Tidak hanya peran aparat keamanan, semua elemen yang ada juga harus ikut bersama-sama menekan agar konflik akibat Pilwu tidak terjadi, termasuk LPBH PCNU Kabupaten Cirebon.

“LPBH NU harus bisa ikut berperan dalam mewujudkan Pilwu serentak yang kondusif dan tanpa konflik. LPBH NU selai bekerja profesional mendampingi klain sebagaimana kerja-kerja advokat, juga tidak bisa lepas dari fungsi sosialnya,” ujar Pengasuh Ponpes Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon ini.

Tak hanya itu, kata Kang Aziz, LPBH NU juga bisa melakukan pendampingan terhadap pihak-pihak yang dianggap terzalimi dalam proses Pilwu nanti. Bisa pendampingan bakan calon kuwu, calon kuwu setelah ditetapkan, atau panitia Pilwu dan masyarakat.

“Dengan demikian, kami berharap Pilwu nanti berjalan demokratis, aman, dan kondusif, sehingga tercipta Kabupaten Cirebon baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” sambungnya.

Sementara itu, Arif Rahman SH, Ketua LPBH PCNU Kabupaten Cirebon, mengatakan pada tanggal 5 Oktober akan mengadakan bedah Peraturan Bupati (Perbub) No 21 tentang Tata Cara Pemilihan Kuwu di Kabupaten Cirebon. Untuk memberikan pemahaman secara gamblang pihaknya akan mengundang akademisi dan praktisi hukum.

“Selain itu, kami mengucapkan terima kasih kepada PCNU, Lembaga NU, dan banom NU yang mendorong LPBH PCNU untuk menjadi corong dan sebagai lembaga bantuan hukum. Kami sudah membentuk 5 koordinator di LPBH PCNU. Ada koordinator litigasi yang mengurusi pengadilan, non litigasi yang menangani perkara-perkara, dan penyuluhan lainnya, ada humas, perlindungan perempuan dan anak, dan terakhir ada hubungan industrial, kebijakan publik, dan riset. Semoga bisa berjalan semua,” jelasnya.

Acara peresmian kantor LPBH PCNU Kabupaten Cirebon dihadiri juga oleh Anggota DPR RI terpilih H Satori, Wakapolres Cirebon, perwakilan Dandim 0620 Cirebon, anggota DPRD Kabupaten Cirebon H Mahmudi, dan undangan lainnya.

(Abdul Bari)