Cegah Kenakalan Remaja, LPBH NU-SMK Caruban Nagari Gelar Seminar

Lembaga Pesantren Warta

NU Cirebon Online,

Dalam rangka mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah dan mencegah berkembangnya kenakalan remaja di kalangan para siswa, SMK Caruban Nagari Dukupuntang menggandeng Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) PCNU Kabupaten Cirebon melakukan berbagai upaya preventif. Salah satu di antaranya melalui Seminar Penanggulangan Kenakalan Remaja, Sabtu (28/9/2019) di SMK Caruban Nagari.

Kegiatan tersebut, kata Azwar Anas, M.Pd, Guru SMK Caruban Nagari, dihadiri oleh dewan guru dan 150 siswa-siswi SMK Caruban Nagari.

“Harapannya dengan seminar ini adanya kontrol dari setiap guru sehingga setiap siswa agar tidak lagi berbuat di luar jalur dan aturan yang benar. Sehingga ketika sudah diketahui ada konsekuensi hukum menjdi lebih berhati-hati dalam bertindak,” jelas Kang Anas, sapaan akrab alumni PMII tersebut.

Dalam kegiatan seminar tersebut Ketua LPBH PCNU Kabupaten Cirebon, Arif Rahman, SH, meminta para siswa untuk berhati-hati dalam bertindak apalagi melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang berlaku karena akan memiliki konsekuensi hukum.

“Belakangan memang terjadi sikap-sikap remaja yang semestinya tidak dilakukan. Seperti tawuran, penggunaan narkoba, seks bebas, dan lainya. Untuk itu harus ada kerjasama antara pemerintah, guru, orang tua dan siswa serta stakeholder lainnya untuk menjadi penggerak dalam mengatasi kenakalan remaja itu,” kata Arif.

Arif menambahkan, pihaknya, merasa bangga melihat antusiasme para peserta yang sangat luar biasa untuk mengikuti seminar terebut.

“Kami harapkan para pelajar agar dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap sekolahnya dan memberikan teladan yang baik di sekolahnya,” pungkasnya.