Direktur PD Pontren Kemenag RI Hadiri Wisuda Perdana Ma’had Aly Al Hikamus Salafiyah Babakan Ciwaringin

Pesantren Warta

NU Cirebon Online –

Ma’had Aly Al Hikamus Salafiyah Babakan Ciwaringin menggelar prosesi wisuda perdana Marhalah Ula (S1) bertempat di Aula Ijtima’ul Ulama Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Ahad (30/8).

Acara pembaiatan mahasantri (mahasiswa) menjadi Sarjana Agama (SAg) ini dihadiri Dr H Waryono Abdul Ghofur MAg selaku Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, seluruh pengasuh pondok pesantren Babakan Ciwaringin, wali wisudawan dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Mudir Ma’had Aly Al Hikamus Salafiyah Dr KH Arwani Syaerozi Lc MA menegaskan bahwa Ma’had Aly yang dipimpinnya berorientasi memperkokoh khazanah keilmuan pesantren tingkat pendidikan tinggi. “Semua mahasantri Ma’had Aly menetap di pesantren, ngaji kitab kuning, presentasi makalah, diakusi ilmiyah,” tegas Arwani.

Sebanyak 40 mahasiswa dalam wisuda perdana Ma’had Aly Al-Hikamussalafiyah. Mereka merupakan produk murni pendidikan dan kurikulum pesantren.

“Sehingga mereka yang dididik dengan kurikulum murni pesantren dari mulai ibtidaiyah hingga perguruan tinggi (Ma’had Aly) diharapkan mampu berkontribusi nyata di tengah masyarakat,” kata Arwani.

Sementara Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI Dr H Waryono Abdul Ghofur MAg menjelaskan bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI akan terus berusaha melakukan recognisi dan afirmasi terhadap pesantren. Agar setara dengan lembaga pendidikan lainnya di tanah air.

“Ma’had Aly adalah pendidikan tinggi khas pesantren yang legalitasnya diakui dan disetarakan dengan lulusan perguruan tinggi lainnya,” tegas Waryono Abdul Ghofur.

Ma’had Aly Al Hikamus Salafiyah Babakan Ciwaringin menyelenggarakan Marhalah Ula (S1) program studi Fikih & Ushul Fikih dengan konsentrasi Maqosid Syari’ah. (*)

Editor: Husain Ali