PCNU Cirebon Juara NU Jabar Award Bidang Perekonomian

Agenda PC NU Warta

NU Cirebon Online,

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, berhasil meraih juara terbaik bidang perekonomian dalam NU Jabar Award 2021.

Hasil tersebut disampaikan pada pengumuman juara NU Jabar Award, yang dilaksanakan di lantai 3 Gedung PWNU Jawa Barat di Bandung, Sabtu 23 Oktober 2021.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi mengatakan, raihan ini merupakan hasil dari keseriusan PCNU Kabupaten Cirebon dalam mengembangkan bidang perekonomian.

” Karena bidang ekonomi memang sangat dikembangkan pada periode kepengurusan saat ini,” ujar Kiai Aziz.

Kiai Aziz menyampaikan, pengembangan ekonomi yang dilakukan oleh PCNU Kabupaten Cirebon, bukan saja dilakukan oleh lembaga khusus seperti Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) saja. Melainkan juga lembaga lainnya yang berada dibawah naungan PCNU Kabupaten Cirebon.

Kiai Aziz menyontohkan, bahwa PCNU Kabupaten Cirebon, juga menseriusi program terkait kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dengan pendirian klinik NU.

“Itu juga merupakan bagian dari pengembangan perekonomian yang dilakukan oleh PCNU Kabupaten Cirebon,” kata Kang Aziz.

Kang Aziz berharap, adanya raihan ini, tidak malah membuat semangat untuk terus berkembang menjadi menurun. Karen menurutnya, masih banyak PR besar terkait perekonomian yang harus dilakukan.

“Jangan sampai terlena dengan hasil ini, tapi dijadikan sebagai semangat untuk terus berkembang,” kata Kang Aziz.

Sementara itu, Ketua LPNU PCNU Kabupaten Cirebon, Surahman menuturkan, bahwa raihan ini berkat dukungan penuh dari pengurus PCNU Kabupaten Cirebon.

Ia mengatakan, bahwa pergerakan dan pemberdayaan perekonomian yg dimotori oleh lembaga perekonomian PCNU Kab. Cirebon, memegang teguh system Sosial Entrepreneur yg menitikberatkan kepada pemberdayaan perekonomian ummat, bukan sekadar mengedepankan profit.

” Salah satu programnya adalah Operasi Pasar Murah (OPM), Pelatihan Kewirausahaan dan literasi keuangan yang kita berikan gratis,” ujar Surahman.

Surahman juga mengungkapkan, banyak kegiatan perekonomian yang sudah dijalankan oleh LPNU PCNU Kabupaten Cirebon, baik itu berbentuk unit atupun channeling.

Unit-unit usaha yang selalu mengedepankan Sharing Profit Seperti eN-U Mineral dan Koperasi BMT NU Artha Berkah. Sedangkan beberapa program Chanelling, yaitu NUjek, Bank BNI dengan Program Penyaluran Dana KUR Padi, Bank Sinarmas Syariah dengan program Talangan Haji dan BMT NUS Kota Semarang.

” Program-program tersebut diapresiasi oleh PWNU Jabar dalam Penganugerahan NU Jabar Award tahun 2021,” kata Surahman.

Surahman juga mengucapkan banyak terima kasih atas segala support baik di Jajaran Syuriyah maupun Tanfidziyah yg tidak pernah lelah membimbing, mengarahkan dan mensupport lembaga perekonomian PCNU kab Cirebon.

“Mudah-mudahan, ini bisa menjadikan motivasi untuk lebih berkembang dan bermanfaat bagi warga Nahdliyyin dan masyarakat pada umumnya,” ujar Surahman.