KBNU Arjawinangun Gelar Peringatan Tahun Baru Islam Sekaligus Syiar Kenalkan NU

MWC Warta

NU Cirebon

CIREBON – Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Arjawinangun berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Antar Jam’iyyah (FKAJ) menggelar peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah. Sabtu (30/07/22).

Titik pusat dari kegiatan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah itu bertempat di Masjid Jami’ Al-Ibrohimiyah Tegalgubug Lor.

Adapun rangkaian acaranya yakni Istighosah Kubro, Pawai Obor, dan Gema Sholawat.

Kegiatan pertama berlangsung pada siang hari yakni Istighosah Kubro yang dipimpin oleh KH Zamzami Amin selaku Ketua MUI Kabupaten Cirebon, KH Marzuki Ahal, dan KH. Rokhmatullah Makhtum.

Acara peringatan tahun baru Islam dihadiri oleh seluruh Banom serta lembaga NU se Kecamatan Arjawinangun dan masyarakat yang memadati Masjid.

Rois Syuriyah MWC NU Arjawinangun, KH Muhammad Mahsun Muhammad, MA mengatakan, tujuan dari Istighosah ini untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi keselamatan, keberkahan serta kemudahan atas segala permasalahan dalam hidup.

“Dengan adanya doa bersama ini juga diharapkan kita senantiasa diberi petunjuk untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” katanya.

Rangkaian acara peringatan tahun baru Islam ini dilanjutkan pada malam hari, yakni Pawai obor dan Gema Sholawat.

Pawai obor diramaikan oleh seluruh pengurus Banom NU se Kecamatan Arjawinangun bersama masyarakat, terutama Madrasah dan pondok pesantren di sekitar Tegalgubug Lor. Sementara, Gema Sholawat diisi oleh grup Hadroh Al-Muqarrobin.

Menurut Ketua MWC NU Arjawinangun KH Muhammad Mansur Hasan, tujuan dari kegiatan ini yakni sebagai syiar dan mengenalkan NU agar lebih dekat dengan masyarakat.

“Dengan kebersamaan seperti saat ini, akan menumbuhkan kekompakan dalam berorganisasi dan bermasyarakat,” tuturnya.

Pewarta: Assegaf