Nilai-nilai Ta’lim Muta’allim Pada Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

Opini Warta

Oleh: Kang Umar

Ada satu pernyataan Nelson Mandela yang cukup terkenal di kalangan para pelajar dan para pendidik. Pernyataan ini sering digunakan untuk mengingatkan kita bahwa Pendidikan itu sangat penting di kehidupan kita.

Pernyataan yang dimaksud yakni “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” Yang kurang lebih berarti: Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk merubah dunia. Nelson Mandela meninggal pada hari Kamis, 05 Desember 2013 waktu setempat atau Jumat pagi, 06 Desember 2013 Waktu Indonesia bagian Barat. Pemimpin pejuang anti-apartheid tersebut yang menjadi presiden pertama, melalui proses dermokrasi pertama di Afrika Selatan meninggal dunia pada usia 95 tahun (Hayati, 2013).

Pernyataan Nelson Mandela di atas menunjukkan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan yang penting bagi setiap manusia, masyarakat, maupun bangsa, maka pendidikan harus selalu ditumbuhkembangkan secara sistematis dan visioner. Berangkat dari kerangka ini, maka upaya pendidikan yang dilakukan suatu bangsa selalu memiliki hubungan yang signifikan dengan rekayasa bangsa tersebut di masa mendatang.

Pendidikan menurut konsepsi Islam bertugas merubah orientasi alami kehidupan dari duniawi menjadi berorientasi ukhrawi. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa di zaman globalisasi ini, kita tidak hanya dituntut untuk mempelajari pendidikan yang bersifat ukhrawi melainkan juga duniawi. Ini berdasarkan maqol Imam Syafi’i di bawah ini:

ﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻷَﺧِﺮَﺓَ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ،

ﻭﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَﻫُﻤَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ

“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Dari sini kita bisa memahami bahwa kita sebaiknya memiliki satu poin penting agar kehidupan kita menemukan kemudahan di dunia yang sedang kita singgahi dan juga di akhirat kelak. Satu poin penting berdasarkan maqol tersebut di atas adalah Ilmu. Ada yang bilang, dengan ilmu hidup akan menjadi lebih mudah. Dengan agama hidup akan menjadi lebih terarah. Dengan seni hidup akan menjadi lebih indah. Dengan bersilaturahmi hidup akan menjadi lebih berkah.

Ilmu mengarahkan kita untuk memiliki cara berpikir dan menggali pemikiran serta konsep. Ilmu menyadarkan kita bahwa kita hidup tidak sendirian. Kita tidak hidup sendirian tapi bermasyarakat, hidup berdampingan dengan yang lain. Kita berkomunikasi dengan yang lain. Kebebasan kita dibatasi oleh hak orang lain. Kita tidak hidup di Negara yang hanya satu-satunya di dunia, melainkan bertetangga dengan negara lain. Dan dalam bertetangga pasti ada hubungan, dalam hubungan pasti ada komunikasi satu sama lain, dan dalam komunikasi pasti ada bahasa.

Bahasa yang kita kenal bermacam-macam. Di Indonesia saja, kita tahu dan Sebagian mengenal 718 Bahasa daerah di Indonesia sebagai bentuk kekayaan budaya yang tak terhingga. Bahasa daerah di Indonesia berkembang secara prosesnya karena seringnya penutur membawa bahasanya ke daerah lain dan mengembangkannya di daerah barunya. Alhasil, dalam satu provinsi, bisa memiliki lebih dari satu Bahasa daerah. Misalnya, Provinsi Aceh dengan ibu kota Banda Aceh memiliki tujuh bahasa daerah yaitu: Bahasa Aceh, Bahasa Devayan, Bahasa Sigulai, Bahasa Batak, Bahasa Gayo, Bahasa Jawa dan Bahasa Minangkabau. Provinsi Sumatera Utara dengan ibu kota Medan memiliki lima bahasa daerah yaitu: Bahasa Batak, Bahasa Minangkabau, Bahasa Melayu, Bahasa Nias, Bahasa Bugis serta Bahasa Jawa. Provinsi DKI Jakarta dengan ibu kota Jakarta memiliki empat bahasa daerah yaitu: Bahasa Bugis, Bahasa Mandarin DKI Jakarta, Bahasa Melayu, dan Bahasa Sunda. Provinsi Jawa Barat dengan ibu kota Bandung memiliki tujuh bahasa daerah yaitu: Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Bajo, Bahasa Bali, Bahasa Bugis, Bahasa Madura serta Bahasa Melayu. Provinsi Jawa Tengah dengan ibu kota Semarang memiliki enam bahasa daerah yaitu: Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bajo, Bahasa Bali, Bahasa Bugis dan Bahasa Melayu (Daftar Bahasa Daerah 34 Provinsi Di Indonesia, n.d.).

Berdasarkan penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indonesia sedikitnya memiliki 718 bahasa daerah. Apa jadinya bila tidak ada bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia bukan hanya menjadi bahasa nasional. Bahasa Indonesia memiliki pengaruh yang lebih luas, yakni sebagai alat pemersatu dan ketahanan bangsa. Sebab, selain sebagai alat komunikasi, bahasa memiliki kekuatan dan kekuatan yang menjadi identitas suatu bangsa. bahasa Indonesia memiliki substansi sebagai tiang pancang ke-Eka-an dalam kebhinekaan serta sebagai tiang pancang kesatuan bangsa.

Hal ini sesuai dengan hakikat bahasa yaitu hidup pada sebuah proses interaksi sosial. Demikian disampaikan Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Dadang Suganda (Bahasa Indonesia Jadi Pemersatu Bangsa – Pusat Pengembangan Bahasa, n.d.).

Kita bisa membayangkan jika orang yang berasal dari masing-masing daerah menggunakan bahasanya masing-masing dalam berkomunikasi dengan orang yang berasal dari daerah lain. Akan ada banyak kesalahpahaman dalam memahami apa yang disampaikan masing-masing. Maka, Bahasa Indonesia hadir sebagai Bahasa pemersatu.

Lalu, Bahasa apakah yang akan kita gunakan dalam berkomunikasi dengan Negara lain? atau mempelajari ilmu atau buku-buku dari Negara lain yang tidak se-bahasa dengan kita? Tentunya dunia sudah menyepakati salah satu Bahasa di dunia ini sebagai Bahasa internasional yang digunakan mayoritas penduduk bumi ini sebagai Bahasa pemersatu antar negara untuk melakukan komunikasi, yaitu Bahasa Inggris. kedudukannya berfungsi sebagai penunjang komunikasi internasional seperti diplomasi dan politik. Selain itu, juga menjadi pentransfer ilmu pengetahuan dan sumber pengayaan kosa kata Bahasa Indonesia.

Bahasa Inggris merupakan salah satu ilmu dunia yang bermanfaat di zaman ini karena merupakan salah satu bahasa internasional. Tentu jika kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat misalnya untuk berdakwah dan menyebarkan Islam secara internasional, juga bisa bermanfaat dalam mempelajari ilmu-ilmu di berbagai negara dan belahan dunia lain yang Sebagian besar sumber bukunya berbahasa Inggris.

Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berhasil Menurut Islam

Berbicara tentang bagaimana agar pembelajaran bisa berhasil? Ada banyak pendapat mengenai ini dan masing-masing punya dasar pemikirannya. Salah satunya adalah Pengarang Kitab Ta’lim Muta’allim. Imam Alzarnuji mengutip syairnya Imam Ali Ibnu Abu Thalib Karromallahu wajhah yang masyhur di kalangan pesantren.

Dalam kitabnya tersebut tentang enam syarat agar pembelajaran bisa berhasil dan sukses. Syair tersebut adalah:

أَلَا لَنْ تَنَالَ الْعِلْمَ إِلَّا بِسِتَّةٍ # سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ
ذَكَاءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍوَبُلْغَةٍ # وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ

Yang kurang lebih artinya:
Ingatlah engkau tidak akan meraih ilmu kecuali dengan enam hal # Saya akan memberitahukan kepadamu penjelasan semuanya.
Cerdas, keinginan yang kuat, sabar, Bekal, # Petunjuk guru, dan waktu yang lama.

Berdasarkan syairnya Imam Ali Ibnu Abu Thalib, seorang tokoh Islam, Sepupu sekaligus menantunya Baginda Nabi Muhammad SAW, Yang Nabi sendiri memuji kecerdasannya sampai Beliau menjuluki sepupu sekaligus menantunya tersebut dengan sebutan Pintunya Ilmu, paling tidak ada 6 syarat agar pembelajaran bisa berhasil dan sukses jika dilihat dari aspek pencari ilmu.

1. Cerdas / Kecerdasan

Cerdas memiliki dua makna: yang pertama, sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya); tajam pikiran; dan yang kedua, sempurna pertumbuhan tubuhnya (sehat, kuat) (Arti Kata Cerdas – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, n.d.).

Ulama membagi kecerdasan menjadi dua yaitu: yang pertama, muhibatun minallah (kecerdasan yang diberikan oleh Allah). Contoh, Seseorang yang memiliki hafalan yang kuat. Yang kedua adalah kecerdasan yang didapat dengan usaha (muktasab). Misalnya dengan cara mencatat, mengulang materi yang diajarkan, berdiskusi dan lain-lain (Admin.Jateng, 2020).

Sementara itu, Howard Gardner dan Elisabeth Hobbs membagi kecerdasan menjadi 9 jenis kecerdasan. Mereka berpendapat bahwa tidak ada orang yang tidak cerdas. Yang membedakan adalah bahwa setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing karena tiap individu memiliki keunikannya sendiri. 9 jenis kecerdasan manusia menurut Howard Gardner:(Howard Gardner’s Theory of Multiple Intelligences | Center for Innovative Teaching and Learning, n.d.)

1) Verbal-linguistic intelligence (well-developed verbal skills and sensitivity to the sounds, meanings and rhythms of words)

2) Logical-mathematical intelligence (ability to think conceptually and abstractly, and capacity to discern logical and numerical patterns)

3) Spatial-visual intelligence (capacity to think in images and pictures, to visualize accurately and abstractly)

4) Bodily-kinaesthetic intelligence (ability to control one’s body movements and to handle objects skilfully)

5) Musical intelligences (ability to produce and appreciate rhythm, pitch and timber)

6) Interpersonal intelligence (capacity to detect and respond appropriately to the moods, motivations and desires of others)

7) Intrapersonal (capacity to be self-aware and in tune with inner feelings, values, beliefs and thinking processes)

8) Naturalist intelligence (ability to recognize and categorize plants, animals and other objects in nature)

9) Existential intelligence (sensitivity and capacity to tackle deep questions about human existence such as, “What is the meaning of life? Why do we die? How did we get here?”

2. Keinginan yang kuat / Bersungguh-sungguh

Barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan kesuksesan. Begitu pula dalam menuntut ilmu, kesungguhan adalah salah satu modal untuk menguasai ilmu yang sedang kita pelajari.

Tamak akan ilmu. Orang-orang yang mempunyai sifat ini akan merasa semakin mereka belajar semakin merasa bodoh. Tidak bosan menimba ilmu. ini orang-orang yang disebut dengan tamak akan ilmu. Syarat inilah yang paling penting – menurut penulis – dari enam syarat yang diungkapkan Imam Ali Ibnu Abu Thalib. Karena jika sifat ini hadir dalam sanubari para pencari ilmu, yang lima syarat lainnya bisa hadir dengan sendirinya. Tapi jika lima syarat lainnya ada, tapi tidak ada syarat nomor dua ini, maka lima syarat ini tidak akan banyak berarti.

Akan halnya beberapa agama hadir dalam dunia. Islam yang menyempurnakan. Akan halnya 12 bulan hijriyah, Ramadlan yang paling utama. Ada 7 hari dalam satu minggu, Jumat yang paling utama. Begitu juga dengan 6 syarat keberhasilan dalam proses pembelajaran yang disampaikan oleh Sahabat Ali ibn Abu Thalib, syarat nomor dua inilahh yang paling utama.

Poin kedua setelah kita belajar tentunya pemahaman atau ilmu. Yang tadinya kita tidak tahu menjadi tahu. Itu artinya kita punya ilmu. Akan tetapi, satu proses yaitu belajar yang kemudian menghasilkan ilmu itu ternyata tidak cukup jika mau mendapatkan nomor 4 yaitu skill seperti yang digambarkan pada bagan di bawah. Untuk bisa mencapai nomor empat yaitu Skill tersebut, para pencari ilmu harus melewati nomor tiga yang membutuhkan syarat nomor dua ini secara mutlak. Nomor tiga itu adalah praktik.

Disiplin ilmu mana yang tidak membutuhkan praktik. Semua disiplin ilmu membutuhkan praktik. Belajar main gitar, tidak cukup hanya menghafal kunci-kunci gitar saja, ia juga harus berani mempraktikkannya. Pegang gitarnya, kemudian mainkan.

Contoh lain misalnya belajar berenang. Tidak cukup hanya mengandalkan memori atau daya ingat untuk menghafal gaya-gaya dalam berenang. Yang tidak kalah pentingnya adalah dia berani terjun ke kolam renang atau mungkin juga harus berani terjun ke sungai untuk mempraktekkannya.

Dalam mempraktikkan sebuah ilmu, para pencari ilmu akan menemui berbagai kesalahan-kesalahan. Kita ingat sebuah ungkapan terkait kesalahan dalam sebuah proses pembelajaran, “Mistake isn’t always a mistake, we can learn from our mistakes.” Yang kurang lebih artinya, kesalahan tidak selalu sebuah kesalahan, kita bisa belajar dari kesalahan kita.”

Jika tidak mempunyai keinginan yang kuat, maka para pencari ilmu akan mundur atau menyerah karena sulitnya mendapatkan keahlian tertentu. Jadi, jika kita melakukan kesalahan dalam proses kita dalam mencari ilmu, jangan menyerah. Punyailah tekad yang kuat atau syarat yang kedua ini.

3. Sabar/Kesabaran

Salah satu hal penting yang dibutuhkan para pencari Ilmu menurut Ali Ibn Abu Thalib adalah kesabaran. Dalam mencari Ilmu, para pencari ilmu akan menemukan kendala atau halangan.

Kesabaran inilah yang akan menemani para pencari ilmu dalam pencariannya. Sabar dalam menghadapi penjelasan para gurunya, sabar menghadapi kendala ditengah pencarian ilmunya. Para pencari ilmu tidak boleh larut dalam keluhan bagaimana susahnya mencari ilmu.

4. Bekal / Modal

Para ulama jaman dahulu menghabiskan banyak biaya dalam usaha mereka mendapatkan ilmu. Para pencari ilmu harus mempersiapkan bekal dalam pencariannya. Entah itu untuk iuran harian atau bulanan saat proses belajar, misalnya.

Contoh lain yang membutuhkan biaya adalah biaya untuk transportasi, membeli alat-alat tulis yang menunjang usahanya dalam mencari ilmu.

5. Guru

Guru adalah sumber ilmu. Pencari ilmu harus mempunyai guru. Para pencari ilmu harus banyak bergaul dengan para guru. Seperti pepatah, Jika kita bergaul dengan tukanng minyak, maka kita akan tertular wanginya. Oleh karena itu, para pencari ilmu dianjurkan banyak bergaul dengan para guru.

Permasalahan bagaimana seorang guru Bahasa Inggris berbicara kepada siswanya atau sikap seorang guru berinteraksi dengan para siswanya menjadi masalah yang krusial saat seorang guru, misalnya memberikan instruksi.

Kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Inggris, Jeremy Harmer, dalam bukunya How to teach English, menjelaskan bahwa cara bagaimana guru berbicara kepada siswanya merupakan kemampuan yang penting dan berpengaruh secara signifikan kepada perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris siswa (Harmer, 2008).

Membuat siswa berbicara dengan menggunakan Bahasa yang mereka pelajari – dalam hal ini, Bahasa Inggris – adalah bagian penting dari tugas seorang guru Bahasa Inggris. Siswalah yang butuh praktek menggunakan Bahasa Inggris, bukan guru Bahasa Inggrisnya. Oleh karena itu, guru yang baik adalah guru yang memaksimalkan Students Talk Time (STT) dan meminimalisir Teacher Talks Time (TTT). STT adalah sebuah strategi atau teknik memberikan lebih banyak waktu berbicara atau praktek Bahasa Inggris kepada para siswa agar para siswa bisa mempunyai banyak peluang untuk praktek berbicara Bahasa Inggris.

6. Waktu

Ilmu tidak akan bisa diraih dengan cara yang instan. Mie instan yang instan saja, kita masih perlu waktu untuk bisa dikatakan siap disajikan. Perlu waktu yang memadai atau waktu yang cukup untuk meraih ilmu. Mencari ilmu adalah proses yang sangat panjang. Bahkan ada satu hadits yang menyatakan bahwa kewajiban mencari ilmu itu dari buaian Ibu sampai ke liang lahad.

Begitu juga dengan proses pembelajaran Bahasa Inggris. It needs time. Seseorang perlu waktu untuk bisa Bahasa Inggris apalagi jika Bahasa Inggris adalah Bahasa ketiga bagi dia. Jika kesehariannya berbicara menggunakan Bahasa Ibu atau mother tongue, maka kecenderungan akan memerlukan effort yang lebih untuk bisa berbahasa Inggris. Ada banyak faktor yang menyebabkan cepat atau lambatnya seseorang bisa berbicara Bahasa Inggris.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dan analisa yang telah penulis paparkan tentang nilai-nilai Ta’lim Muta’allim pada prinsip-prinsip pembelajaran Bahasa Inggris dapat diambil kesimpulan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kitab Ta’lim Muta’allim sangat relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran Bahasa Inggris.

Syarat-syarat yang digaungkan oleh Ali Ibnu Abu Thalib yang ada pada kitab Ta’lim Muta’allim sangat cocok dengan prinsip prinsip suksesnya pembelajaran Bahasa Inggris.

1. Nilai-nilai Ta’lim muta’allim tentang proses pembelajaran yang baik adalah: Cerdas (Kecerdasan); Keinginan yang kuat (Motivasi/Semangat); Sabar (kesabaran); Bekal / Modal (Biaya); Guru; dan Waktu.

2. Nilai-nilai yang ada pada kitab Ta’lim Muta’allim sangat cocok dan relevan dengan proses pembelajaran pendidikan Bahasa Inggris.

3. Prinsip-prinsip pembelajaran Bahasa Inggris juga memerlukan 6 syarat yang disampaikan oleh Imam Ali Ibnu Thalib yang ada pada kitab Ta’lim Muta’allim

* Penulis merupakan Mahasiswa Doctoral Program (S3) Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang. Penulis juga tercatat sebagai Dosen Tetap STIT Buntet Pesantren Cirebon. Penulis aktif sebagai Ketua LP Maarif di MWC NU Karangsembung, Cirebon

Daftar Pustaka

Admin.Jateng. (2020, April 14). Inilah 6 Syarat Menuntut Ilmu dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. SigiJateng.id. https://sigijateng.id/2020/inilah-6-syarat-menuntut-ilmu-dalam-kitab-talim-mutaallim/

Arti kata cerdas—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). Retrieved August 26, 2022, from https://kbbi.web.id/cerdas

Bahasa Indonesia Jadi Pemersatu Bangsa – Pusat Pengembangan Bahasa. (n.d.). Retrieved August 26, 2022, from https://pusatbahasa.uinjkt.ac.id/bahasa-indonesia-jadi-pemersatu-bangsa/

Daftar Bahasa Daerah 34 Provinsi di Indonesia. (n.d.). Retrieved August 26, 2022, from https://regional.kompas.com/read/2022/01/29/151815878/daftar-bahasa-daerah-34-provinsi-di-indonesia

Harmer, J. (1998). How to Teach English. Pearson Education Limited. p. 4.

Hayati, I. (2013, December 6). Nelson Mandela Wafat. Tempo. https://dunia.tempo.co/read/535085/nelson-mandela-wafat

Howard Gardner’s Theory of Multiple Intelligences | Center for Innovative Teaching and Learning. (n.d.). Northern Illinois University. Retrieved August 26, 2022, from https://www.niu.edu/citl/resources/guides/instructional-guide/gardners-theory-of-multiple-intelligences.shtml