Pondok Pesantren Al Marifah Gempol Gelar Manaqib Kubro Rutin

Pesantren Warta

NU Cirebon

CIREBON – Sekitar kurang lebih seribu jamaah putra dan putri hadiri Manaqib Kubro Syekh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al-Marifah Gempol, Kabupaten Cirebon pimpinan KH Syamsul Ma’arif. M.Pd.I pada Sabtu malam Ahad, (3/9/2022).

Jamaah Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani itu hadir baik dari dalam dan luar kota serta santri dan masyarakat sekitar nampak larut dalam Shalawat, Tasbih, Tahlil, dan Doa.

Jamaah Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani yang datang dari berbagai daerah itu memadati halaman Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al-Marifah.

Acara Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jailani itu berlangsung rutin sebulan sekali dan dibuka dengan lantunan Shalawat yang dibawakan oleh grup hadroh.

Ketua pelaksana, Kang Rian Suryan Toha mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud cinta kepada Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.

“Alhamdulillah, hampir semua santri dan alumni hadir di sini. Selain sebagai wujud cinta kita kepada Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, acara Manaqib Kubro ini juga bertujuan sebagai media berdo’a secara massal dan sebagai wahana silaturahmi antaralumni yang mengaji kepada KH Syamsul Ma’arif,” katanya.

Acara Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al-Jailani ini menggunakan kitab Manaqib bimbingan KH Ahmad Muzaki Syah, yakni Pembacaan manaqib dipimpin langsung oleh KH Syamsul Ma’arif yang diikuti secara seksama oleh para jamaah sampai selesai.

KH Syamsul Ma’arif berpesan, salah satu cintanya Allah kepada manusia yaitu memberikan keberkahan untuk bisa hadir di majelis Manaqib Kubro ini.

“Kita hadir di majelis Manaqib Kubro ini merupakan salah satu bukti rasa cintanya Allah kepada kita,” kata Kiai Syamsul.

Sementara itu, KH Aban Cholid Barja dalam tausiyahnya menegaskan, banyak cara untuk meningkatkan keimanan, salah satunya dengan berdzikir.

Setelah Manaqib Kubro selesai, esoknya dilanjut dengan acara ijazah kubro yang dihadiri oleh berbagai lapisan tokoh masyarakat baik dalam maupun luar daerah.

Bahkan terdapat pula dari luar pulau. Mereka yang datang dari jauh ini biasanya mereka yang sudah pernah ikut hadir dalam acara ijazah kubro.

Ijazah kubro ini rutin diadakan juga setiap bulanya, KH Syamsul Ma’arif berpesan untuk bulan depan ijazah kubro diadakan bersama dengan Manaqib kubro yang berarti akan dilaksanakan setiap bulanya secara rutin.