Peringati Harlah ke-37, Warga Pagar Nusa Kabupaten Cirebon Gelar Latgab dan Istighosah

Banom Warta

NU Cirebon

CIREBON – Dalam rangka memeriahkan hari lahir (Harlah) ke-37 Pagar Nusa (PN), warga PN Kabupaten Cirebon menggelar latihan gabungan.

Acara yang sekaligus istighosah itu berlangsung di Masjid Al-Kautsar Desa Cengkuak, Kecamatan Palimanan, Kebupaten Cirebon. Selasa, (3/1/2022).

Giat latihan gabungan ini diikuti puluhan kader Pagar Nusa dari berbagai kecamatan di Kabupaten Cirebon, Wakil Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, KH. Muhammad Arif Suhartono, dan Pengasuh Pondok Pesantren As-Sa’adah, KH. Makmun Saad.

Ketua panitia, Abdullah menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan peran kader Pagar Nusa dalam menjaga Nu dan bangsa.

Ia menilai bahwa warga Pagar Nusa Cirebon mempunyai tanggung jawab untuk mengemban amanat tersebut.

Baca juga: Mengapa Kita Giatkan Ijazah Munajat Qur’ani? Berikut Penjelasan Dari Kiai Lukman Hakim

Oleh karena itu, lanjut Kang Ab, warga Pagar Nusa Cirebon harus bergandengan tangan dalam melaksanakan perannya. Menurutnya, adanya komitmen dan ikatan erat antar warga perlu ditingkatkan kembali.

“Sudah saatnya warga Pagar Nusa Cirebon bergerak serta bersatu padu untuk mewujudkan cita-cita bersama,” tegas Abdullah.

Dalam latihan gabungan tersebut menampilkan beragam kreasi jurus-jurus baku Pagar Nusa. Di antaranya ada jurus Bunga Cimande, Cobra, Gombangan, Jurus Seni Tunggal, dan Seni Ganda.