Puluhan Pelajar Pangenan Ikuti Makesta IPNU IPPNU

Warta

NU Online Cirebon

PANGENAN – Puluhan pelajar di Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon mengikuti kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di DTA Baitul Ikhwan Desa Getrakmoyan, Minggu (10/12).

Menurut Hamdan Tsani Tyo, Ketua IPNU Kecamatan Pangenan, ada 53 peserta utusan ranting se-Kecamatan Pangenan yang mengikuti Makest.

“Di Makesta, mereka tidak hanya dibina dan dididik tentang Ke-NUan. Mereka juga di beri pengetahuan tentang Ke-IPNUan dan Ke-IPPNUan, pengetahuan organisasi, dan juga Ke-Aswajaaan,” jelas Hamdan.

Sementara Khurul ‘Ien, Ketua IPPNU Kecamatan pangenan, mengungkapkan tujuan diadakannya Makesta tersebut.

“(Makesta-red) tidak lain untuk mengkader generasi pelajar atau muda NU, sehingga mereka secara resmi menjadi anggota IPNU IPPNU itu sendiri,” ungkapnya.

Salah seorang peserta Makesta, Abdullah, mengungkapkan pengalamannya mengikuti Makesta, “Senang banget karena selain saya diberi pengetahuan tentang NU, saya juga diajarkan cara berorganisasi secara nyata di sini (Makesta-red),” ungkap Abdullah peserta utusan dari Ranting IPNU Japura Lor.

Dalam sambutannya Moh Mu’min, Ketua PC IPNU Kab. Cirebon, menegaskan bahwa  ada tiga hal yang harus dipegang teguh oleh kader IPNU, begitupun IPPNU yaitu trilogi IPNU-IPPNU, Belajar, Berjuang, dan Bertakwa.

“Pengaplikasiannya adalah melalui penguatan ideologi ke-NUan melalui kaderisasi, penguatan Manajemen organisasi dan administrasi, dan penguatan kapasitas diri atau Life Skill kader,” tegas Mu’min.

Makesta ini mendapatkan apresiasi dari Ustadz Sundandar, Ketua MWCNU Kecamatan Pangenan, ia mengatakan sangat bangga dengan masifnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan IPNU IPPNU Pangenan.

“Saya harap kader-kader IPNU IPPNU sekalian tidak stop sampai di sini (Makesta-red), setelah ini ayo berjuang bersama. Kita besarkan Nahdlatul Ulama,” tandas Sunandar.

Laporan: Ikfal Al Fazri