Sambut Hari Santri Nasional, Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Cirebon Gelar Pakar Kiblat

Lembaga Warta

NU Online Cirebon –

Untuk menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober mendatang, Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon menggelar Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat (Pakar Kiblat) di Padepokan Al Busthomi, Desa Sinarancang Kecamatan Mundu, Ahad (14/10/2018).

Menurut Aby Bakar Shebly, Ketua LFNU Kabupaten Cirebon, Pakar Kiblat ini merupakan rangkaian acara HSN 2018 PCNU Kabupaten Cirebon yang diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari santri, mahasiswa, dan masyarakat.

“Pelatihan ini kami beri brand Pakar Kiblat, sebagai bahan edukasi falakiyah bagi masyarakat pada umumnya dan warga Nahdliyin pada khususnya. Terlebih terkait problematika arah kiblat yang ada di masyarakat,” ungkap Kang Aby.

Dalam Pakar Kiblat tersebut, menurut Kang Aby, diisi beberapa materi dengan narasumber ahli dibidangnya.

“Materi pelatihannya terdiri dari Arah Kiblat dalam Perspektif Fiqh dan Sains  oleh Masriah, SH, dilanjut dengan materi Ragam Metode Penentuan Arah Kiblat oleh saya sendiri, dan materi terakhir Praktik pengukuran arah kiblat yang dipandu oleh Kang Didin dan Kang Kusdiyana, M.Si,” papar Kang Aby.

Hadir dalam kegiatan tersebut KH Aziz Hakim Syaerozi, Ketua PCNU Kabupaten Cirebon; Ustad R. Moh. Al Bana, Ketua Panitia HSN 2018 tingkat Kabupaten Cirebon; Ust. H.M. Ujang Busthomi, Ketua PC Ansor Kabupaten Cirebon; KH. Abdullah, MWCNU Mundu; dan Kang Satta, Ketua PAC GP Ansor Mundu.