Dilantik, LPP PCNU Siap Lakukan Pendampingan Petani

Lembaga Warta

NU Online Cirebon –

Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, KH Aziz Hakim Syaerozi mengukuhkan jajaran pengurus Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PCNU, Rabu (16/1). Pelantikan digelar di kawasan pertanian Desa Girinata, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Tampak menyaksikan pelantikan, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani Amin, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cirebon H Imron Rosyadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Hj Yuningsih. Tampak pula sejumlah pejabat dari Perhutani serta Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Kehutanan (Distanbunakhut).

Ketua Tanfidziyah PCNU KH Aziz Hakim Syaerozi dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Cirebon merupakan daerah pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan. Semua itu adalah wilayah garapan LPP PCNU Kabupaten Cirebon.

Dengan kata lain, sambungnya, area perkhidmatan LPP PCNU sangat luas, bahkan meliputi mayoritas profesi yang menjadi mata pencaharian masyarakat. Masyarakat yang menggantungkan hidup di sektor-sektor tersebut membutuhkan peran pendampingan dari lembaga sosial bidang pertanian, salahsatunya adalah LPP PCNU.

LPP, lanjut dia, juga memiliki peluang yang besar untuk berproduksi secara mandiri di berbagai komoditi pertanian. Sejumlah peluang yang bisa digarap antara lain penanaman jagung untuk kebutuhan industri, peternakan ayam petelor atau pedaging, pembuatan pupuk organik, dan lainnya.

“Karena Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi nirlaba, maka LPP PCNU dituntut untuk kreatif dalam merealisasikan program dan usaha mandirinya. Skema yang bisa dilakukan di antaranya membangun kerjasama dengan berbagai stakeholders baik elemen pemerintah maupun swasta,” saran pria yang akrab disapa Kang Azis ini.

Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Wawan Arwani Amin dalam amanatnya juga memberikan support kepada LPP PCNU unttuk merealisasikan program-program produktif. Menurutnya, meskipun LPP PCNU merupakan lembaga pamungkas yang terbentuk, namun diharapkan karya dan program lebih banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya para petani.

Sementara itu, Ketua LPP PCNU Kabupaten Cirebon, Usin Muhsin di sela-sela pelantikan mengatakan, lembaganya memikul amanat yang besar baik dalam pendampingan masyarakat maupun menciptakan karya dan kreativitas bidang pertanian guna menghasilkan pendapatan bagi organisasi. Namun demikian, pihaknya optimis apa yang diamantkan kepada LPP dari PCNU Kabupaten Cirebon dapat direalisasikan.

Alhamdulillah sebelum pelantikan kami telah menandatangani kerjasama produktif dengan sejumlah stakeholders antara lain Perhutani, perusahaan produsen pakan ternak, dan pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian. Kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti sebagai action lembaganya,” ujar Usin.