Fatayat NU Kabupaten Cirebon Gelar Diklatsar Fatser

Banom Warta

NU Online Cirebon,

Ratusan peserta anggota Fatayat NU Kabupaten Cirebon mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Fatayat Serba Guna (Fatser) di Padepokan Ustad Ujang Busthomi, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Sabtu – Ahad (6-7/4).

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Cirebon, Hj. Ijah Bahijah, mengatakan, pengkaderan Fatser sedikit berbeda dengan Diklatsar Banser pada umumnya. Diklatsar Fatser ini menghadirkan instruktur dari Banser Kabupaten Cirebon.

“Tujuan kegiatan ini secara prinsip, menanamkan paham aswaja an-Nahdliyah, patriotisme terhadap NKRI. Orang ber-NU itu adalah berislam Ahlusunnah wal Jama’ah dan juga bernegara kesatuan Republik Indonesia,” kata perempuan yang bergelar Doktor tersebut.

Ia menambahkan, kewajiban pengurus Fatayat untuk melakukan pengkaderan, karena sesungguhnya Fatayat ini adalah organisasi kader.

“Karena Fatayat adalah organisasi pengkaderan, maka kegiatan diklatsar juga merupakan pengkaderan meski sedikit berbeda dengan LKD. Ini juga untuk semakin meningkatkan kapasitas anggota dalam rangka mencegah gerakan-gerakan radikal. Ini harus dimiliki oleh setiap kader,” ujarnya menambahkan.