Bantu Petani Garam, LPP PCNU Siap Bangun Pabrik

Lembaga Warta

NU Cirebon Online,

Menjawab kegelisahan petani garam di Kabupaten Cirebon, Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PCNU Kabupaten Cirebon berencana membuat pabrik pengolahan garam. Hal ini dibuktikan dengan pembebasan tanah yang akan digunakan untuk membangun pabrik tersebut di kediaman H Gofur Desa Gebang Kulon Kecamatan Gebang, Minggu (28/7).

Muhsin, Ketua LPP PCNU, mengatakan tujuan dibangunnya pabrik garam NU untuk menjawab kegelisahan para petani garam.

“Bukan sekedar mengejar keuntungan semata tetapi bagaimana pemberdayaan petani, alih fungsi teknologi, dan sumber daya manusia di bidang industri garam serta penyerapan garam dari petani cirebon itu sendiri,” jelas Muhsin.

Muhsin melanjutkan petani garam NU ke depan bisa menentukan harga sendiri. Tidak seperti sekarang yang ditentukan oleh tengkulak.

“Tentunya dengan realitas market warga NU yang besar tentu kemandirian di bidang pangan khususnya garam bisa diwujudkan,” tambah alumni PMII tersebut.

Sementara itu, KH Aziz Hakim Syaerozie, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon dalam kesempatan sambutannya mengatakan pabrik garam NU ke depan bukan semata kepentingan pribadi tapi kepentingan organisasi.

“Titik pointnya bahwa semua yang dilakukan harus berdasarkan organisasi bukan kepentingan pribadi. Kalau sudah berdasarkan organisasi maka tentu akan mengutamakan kepentingan bersama dan masyarakat. Karena target kita adalah pemberdayaan masyarakat,” jelas Kang Aziz.