Sambut Harlah GP Ansor ke-87, PAC Ansor Pangenan Bakal Gelar PKD

Banom Warta

NU Cirebon,

Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan yang merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama, lahir pada 24 April 1934. Wadah bagi para pemuda ini memiliki jenjang kaderisasi formal yang sistematis; PKD, PKL, dan PKN. Pimpinan anak cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Pangenan bakal menggelar PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar).

Ketua panitia, M Yazidul Ulum memaparkan bahwa PKD merupakan bentuk kepedulian GP Ansor untuk menyiapkan kebutuhan SDM.

“Sebelum Indonesia merdeka, GP Ansor sudah lahir, dan GP Ansor juga hadir dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan, itu alasan kami menyelenggarakan PKD, menyiapkan penerus,” jelas Yazid.

“Insyaallah pelatihan kepemimpinan dasar ini akan diselenggarakan pada tanggal 2 sampai dengan 4 April 2021 di SMK Ma’arif Kalibangka dan akan diikuti oleh para pemuda dari tiap desa di Kecamatan Pangenan dan beberapa delegasi dari kecamatan luar. Ini pun sangat kami batasi, “ pungkasnya saat ditemui di Sekretariat PAC GP Ansor Pangenan (18/03).

Secara terpisah, Ketua PAC GP Ansor pangenan, Khasanuddin membenarkan terkait program PKD, “Harlah ke-87 GP Ansor kami sambut dengan bentuk program kaderisasi, yakni menyelenggarakan kaderisasi formal tingkat dasar, ini sebagai amanat organisasi yang tertuang dalam PD/ PRT GP Ansor. Sebuah wujud kepedulian untuk bangsa dan negara.”

“Alhamdulillah kami sudah sowan ke rois syuriah dan ketua tanfidziah MWC NU Kecamatan Pangenan, serta kordinasi dengan pihak PC GP Ansor Kabupaten Cirebon. Semua menyambut baik. Organisasi adalah jantung organisasi, baik formal, nonformal, ataupun informal harus kita jalani. Kami niati meneruskan perjuangan para pendahulu,” imbuhnya.