Program Prioritas LWP-PBNU Jadi Acuan LWP-PCNU untuk Direalisasikan

Lembaga Warta

NU Cirebon

CIREBON – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan oleh Lembaga Wakaf dan Pertahanan (LWP) PBNU pada 23 hingga 25 November 2022 di Jakarta, setidaknya ada beberapa program prioritas yang menjadi acuan untuk dapat direalisasikan di LWP-PCNU Kabupaten Cirebon.

Hal ini senada dengan pesan ketua Tanfidziyah KH Azis Hakim Syaerozie kepada koordinator LWP-PCNU Kabupaten Cirebon.

Pertama, program sertifikasi wakaf. Aset-aset tanah wakaf NU disertifikatkan atas nama Badan Hukum Perkumpulan NU. Dari aset-aset tanah yang ada, kemudian PCNU dapat menunjuk Nadhir pengurus NU di setiap tingkatan.

Nadhir ini yang akan diberi amanah untuk mengelola dan mengembangkannya, dan mempertanggung jawabkannya kepada PCNU.

Kedua adalah Wakaf uang. Potensi wakaf uang bila dioptimalkan akan menjadi salah satu kekuatan besar Nahdlatul Ulama.

Baca juga: PC JQHNU Kabupaten Cirebon Serahkan 200 Paket Bantuan Sembako Kepada Korban Gempa Bumi Cianjur

Wakaf uang dapat digalangkan oleh Pengurus NU setiap tingkatan, seperti halnya untuk membeli sukuk negara atau kebutuhan membangun Rumah Sakit NU, Perguruan Tinggi NU, Kantor MWCNU, maupun mendirikan usaha-usaha NU di setiap tingkatan.

Wakif yang memberikan Wakaf uang akan mendapatkan bukti sertifikat wakaf ketika telah mencapai nominal satu juta rupiah, dan dapat dibayarkan minimal perbulan Rp5.000, dan secara khusus hanya dapat disalurkan melalui rekening yang telah memiliki ijin LKS BWU. Kemudian Nadhir wakaf uang hanya dapat dilakukan oleh nadhir yang setelah mendapat rekomendasi dari BWI, Kemenag dan PBNU melalui PCNU dan bersertifikat BWI.

Prinsip hukum wakaf adalah tetap dan tidak boleh habis, dan harus bisa dikelola dan dikembangkan agar manfaat tidak berhenti sehingga dapat merugikan wakif.

Oleh karena itu, Nadhir wakaf tidak cukup hanya terima dan kasih, kemudian selesai. Ditengahnya harus ada pengelolaan yang profesional dari nadhir, sehingga wakaf uang dapat berkembang dan hasilnya dapat ditasarufkan untuk infak dan shodaqoh, dan penggunaanya dilaporkan secara terbuka kepada wakif.

Sebagai informasi, Rakernas LWP PBNU dilangsungkan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Acara yang berlangsung pada tanggal 23 hingga 25 November 2022 itu mengusung tema “Optimalisasi Wakaf untuk Membangun Peradaban”.