LPBINU Kabupaten Cirebon Beri Bantuan Korban Banjir di Japura Kidul

Warta

NU Cirebon,

Diguyur hujan lebat beberapa daerah di kabupaten Cirebon dilanda banjir. Salah satunya desa Japura Kidul Kecamatan Astanajapura. Banjir yang menggenangi 150 rumah di desa Japura Kidul tidak menyurutkan semangat Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Cirebon untuk turun tangan membantu warga terdampak banjir di desa tersebut. H Syafiq, Ketua LPBINU menuturkan banjir di Desa Japura Kidul tersebut terjadi sejak Senin (2/2)

Merespons kejadian tersebut, pada Selasa (13/2) PCNU melalui LPBINU dan LAZISNU segera memberikan bantuan 150 paket berisi Gula, Roti, Mie, air mineral NU Toya, dan minyak goreng kepada 150 keluarga yang terdampak banjir.

“Bantuan itu merupakan pemberian atau hasil donasi nahdliyyin melalui LPBINU dan Lazisnu yang disalurkan kepada warga korban banjir,” jelas Syafiq.

Sementara itu, KH Aziz Hakim Syaerzie, Ketua PCNU Kabupaten Cirebon, menjelaskan bantuan melalui LPBINU tersebut sifatnya insidental, namun tetap harus dilakukan,

“Belajar dari peristiwa ini, ke depan PCNU melalui LPBINU bisa mencegah terjadinya banjir dengan melakukan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya saluran air dan drainase yang baik,” ungkap Aziz.

Kang Aziz, sapaan sehari-hari Ketua PCNU tersebut, juga mendorong kepada pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon agar memperhatikan daerah-daerah yang rawan banjir di Kabupaten Cirebon.

Sementara untuk warga yang terdampak banjir, ia meminta agar selalu tabah menghadapi musibah ini. “Untuk masyarakat yang terdampak mudah-mudahan diberikan ketabahan dan tetap bisa menjaga kesehatan,” ungkapnya.

Sedangkan Daud, Kepala Desa Japura Kidul, mengucapkan terimakasih kepada semua lembaga yang telah membantu meringankan penderitaan para korban.

“Saya mengimbau kepada masyarakat setempat untuk selalu menjaga lingkungan, agar bisa meminimalisir kejadian banjir di masa yang akan datang,” pungkasnya.