ISNU, IPNU, IPPNU Gegesik, Bagikan Masker Gratis dan Edukasi Warga Tentang Corona

Banom

NU Cirebon Online,

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 atau Virus Corona yang masih menjadi kekhawatiran masyarakat, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ikatan Pelajar Nadhdlatul Ulama (IPNU ) dan Ikatan Pelajar Putri Nadhlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gegesik menggelar aksi sosial pembagian masker gratis kepada sejumlah masyarakat, terutama yang masih beraktivitas di luar seperti para pedagang di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Gegesik Kamis (9/4/2020).

Terlihat di lapangan mereka tetap membatasi jumlah personel dalam aksinya tersebut sebagai salah langkah agar tidak terjadi perkumpulan masa.

Aksi sosial ini, menurut Faiz Koordinator Lapangan, digelar sebagai bentuk kepedulian agar masyarakat lebih aware terhadap langkah-langkah preventive agar terhindar dari bahaya Virus Corona.

“Aksi sosial ini merupakan upaya turut serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memakai masker di tengah bahayanya wabah Corona. Kami berharap masyarakat yang terpaksa masih harus bekerja di luar rumah seperti pada pedagang makanan minuman di jalan-jalan, tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dagangannya, perabotnya dan menjaga dirinya agar selalu menggunakan masker selama beraktivitas,” jelasnya.

Sementara itu Ketua ISNU Gegesik, Charis, melalui Wakil Sekretaris ISNU Gegesik Krishna Aji mengatakan bahwa untuk perang melawan Corona harus dengan aksi nyata.

“Perang Melawan Corona ya harus nyata, masyarakatnya sadar apa yang harus dihindari dan apa yg harus dilakukan dari mulai melakukan physical distancing, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menggunakan pelindung diri seperti Masker,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Kecamatan Gegesik, Aris Riyanto menambahkan, sebagaimana anjuran dari pemerintah agar semua masyarakat yang beraktivitas di luar ruma, meski dalam keadaan sehat, tetap harus memakai masker. Edukasi terhadap masyarakat untuk menggunakan masker tidaklah mudah, karena tak sedikit warga yang sehat merasa tidak perlu menggunakannya.

Dikatakan, selain masker dalam aksi sosial ini juga dibagikan hand sanitizer dan teks zikir doa yang telah diijazah para ulama pendahulu di Indonesia. “Kami juga membagikan naskah shalawat untuk diamalkan di rumah atau sambil beraktivitas,” lanjut dia.

Kegiatan sosial tak berhenti di situ, ISNU, IPNU dan IPPNU juga akan melakukan aksi yang sama di tempat lain baik pasar, tempat aktivitas warga, hingga masjid dan musala. “Insya Allah besok kami akan menggelar aksi yang sama di sejumlah tempat Jagapura,” pungkasnya.